Hi Klikodoo!!

Manfaat menggunakan Cloud ERP untuk UMKM

Enterprise Resource Planning atau yang lebih dikenal dengan ERP adalah sebuah aplikasi yang menjadi kunci agar bisnis bisa lebih berkembang. Mengembangkan bisnis adalah impian semua pengusaha. Tentunya, siapa yang tidak mau bisnis yang dirintisnya dari nol, bertransformasi menjadi bisnis yang profitnya menghasilkan lebih dari puluhan bahkan ratusan juta.

Namun pada saat proses pengembangan bisnis ini, ada yang sering kali dilupakan oleh para pengusaha, yaitu menggunakan sistem operasi bisnis, pengelolaan, serta control bisnis yang dapat memastikan oprasional bisnis berjalan lancar. Dengan begitu maka tidak heran usaha yang dikembangkannya malah gulung tikar secara tiba-tiba.

Untuk itu, diperlukanlah sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Apa itu ERP? Menurut ahli ERP adalah sebuah framework transasksi enterprise yang menghubungkan proses pemesanan barang manajemen inventaris dan control, perencanaan distribusi dan produksi, serta keuangan. ERP bekerja sebagai kekuatan lintas fungsional perusahaan yang mengintegrasikan dan mengaotomatisasi berbagai proses bisnis internal dan sistem informasi termasuk manufacturing, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan sumber daya manusia dari sebuah perusahaan.

Jadi secara umum, ERP adalah sebuah sistem informasi yang diperuntukan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan oprasional, produksi hingga distribusi.

Software ERP yang diaplikasikan ke dalam sebuah perusahaan memiliki tujuan untuk:

– Otomatisasi dan integrasi segala proses bisnis,

– Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise,

– Menghasilkan informasi yang real-time, dan

– Memungkinkan perpaduan proses transasksi dan kegiatan perencanaan.

Namun selama ini, ERP ini identik digunakan oleh perusahaan dalam skala menengah-besar. Alasannya karena selain dapat memenuhi volume permintaan mereka, juga harga paketnya dibandrol lebih mahal maka dari itu hanya bisa dijangkau oleh korporasi sekala besar.

Bagaimana dengan UMKM? Apakah usaha mikro, kecil dan menengah perlu menggunakan sistem otomatisasi ini?

Demi alasan mempermudah pengolaan bisnis, tentu saja sistem ini diperlukan oleh UMKM. Untuk itu, kini mulai hadir vendor yang membuat serta menyediakan ERP dengan skala yang lebih kecil sengaja ditujukan untuk para UMKM.

Seperti misalnya Konektifa, yang merupakan sistem ERP sederhana untuk mempermudah oprasional UMKM, seperti pendataan stok, pembelian, penjualan, cek tagihan dan laporan.

Adanya aplikasi ERP yang diterapkan pada UMKM ini tentunya akan membuat perkembangan dan kemajuan pada usaha yang mereka jalani. Selain karena ERP dapat memudahkan dalam mengotrol semua kegiatan bisnis yang ada, aplikasi itu juga bisa memperkecil kesalahan input data yang sering terjadi saat menerapkan pendataan secara manual. Secara terperinci manfaat yang didapatkan UMKM menggunakan aplikasi dengan pemberian layanan sistem ERP ini, antara lain:

Memudahkan melihat laporan penjualan dan stok

Setiap aplikasi atau layanan yang mengadirkan sistem ERP memberikan kemudahan bagi pelaku usaha baik mikro atau kecil menengah untuk membuat serta mengontrol laporan penjualan dan stok barang secara real-time. Dengan fitur iventori ini barang keluar dan masuk bisa lebih terpantau dan terkelola.

Memudahkan penambahan item barang yang dijual

Bila dahulu dengan cara manual kita harus membuat laporan penambahan item secara terpisah, dengan aplikasi ERP ini pengusaha bisa mengisi laporan penambahan barang yang dijual hanya dengan 1 aplikasi dengan 1 akun.

Data transaksi yang lebih tersusun

Dari pemesanan hingga penerimaan barang, status transasksi lengkap terekam rinci dan aktual dalam satu platform ERP. Tidak hanya itu, cetak dokumen transasksi untuk mitra bisa dilakukan dengan cepat karena aplikasi-aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur Cetak faktur dan laporan penerimaan barang.

Meminimalkan manual report sehingga laporan lebih aktual dan valid

ERP juga meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi akibat dari sistem yang masih manual. Sehingga dapat meningkatkan efesiensi kegiatan bisnis yang terjadi dalam UMKM tersebut dan akan meningkatkan keuntungan mereka.

Pemilik usaha bisa melihat laporan secara online bahkan memantau cukup lewat ponsel

Aplikasi yang memberikan layanan ERP ini didesain agar bisa diakses secara real-time oleh pengguna dengan koneksi internet. Sehingga ini akan membantu pelaku usaha memperoleh informasi bisnisnya dari manapun mereka berada dan pada saat kapanpun.

Implementasinya tidak perlu waktu lama

Karena telah terintegrasi dengan beberapa fitur lainnya dalam hal oprasional bisnis, implementasi sistem ERP tidak memerlukan waktu yang lama. Data secara otomatis terupdate jika pengguna memasukan data ke dalam platform ERP ini. Misalnya seperti proses implementasi ERP Bonastoco.

Platfom akuntansi ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada Maret-Juni, terlebih dulu implementasi untuk bagian front end, yakni kasir atau point of sales (POS). Selanjutnya, pada Juli mulai implementasi di back office, mencakup modul pembelian, penjualan, AR/AP hingga inventori. Semuanya terintegrasi masuk ke pembukuan di modul GL secara otomatis (automatic journal). Jadi, pada saat terjadi transaksi penjualan di POS, datanya bisa langsung masuk ke GL dan selanjutnya ke laporan keuangan.

Dari keenam keuntungan ini bisa diperoleh pelaku UMKM dalam pada software ERP. Lalu apa saja aplikasi ERP yang cocok untuk UMKM?

Cloud ERP

Cloud ERP adalah aplikasi inventori yang ditujukan bagi UKM untuk memudahkan oprasional bisnis. terutama pendataan stok, pembelian, penjualan, cetak tagihan, pembuatan laporan hingga membantu pelaku usaha dalam mencari mitra usaha. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan kami.

Dengan platform ini pengguna dapat memungkinkan memonitor administrasi usahanya mulai dari rekap kegiatan bisnis dalam satu laporan, catatan transaksi penjualan dan pembelian, data konsumen dan penyuplai, melakukan trensaksi dengan mitra bisnis yang telah terkoneksi dan masih banyak lainnya.